Manfaat Vitamin

Vitamin A (Retinol)
Fungsi :
• Merupakan “unsur” utama yang membuat Anda dapat melihat pada malam hari
• Menjaga sistem kekebalan tubuh
• Menyediakan makanan untuk kulit, mata, rambut, kuku, selaput-selaput halus, dan kelenjar-kelenjar adrenalin
• Mengatasi infeksi, membantu Anda menggunakan lemak-lemak yang baik dan meningkatkan fungsi hati dan tiroid Anda
• Berperan dalam proses-proses penyembuhan dan pertumbuhan
• Mengurangi stres
• Membantu penglihatan menjadi jelas, menyokong pertumbuhan dan reproduksi
Ditemukan pada :
• Kacang-kacangan, sayur-sayuran berwarna hijau dan oranye (kol, bayam, selada, wortel, dll), minyak nabati, telur, minyak hati ikan, hati
Vitamin B1 (Thiamin)
Fungsi :
• Mempertahankan metabolisme karbohidrat menjadi normal
• Menjaga berfungsinya sistem saraf
• Membangun kekuatan otot yang baik untuk sistem peredaran darah, terutama hati
• Mengurangi kelelahan
• Membantu pencernaan
• Melindungi sistem kekebalan
Ditemukan pada :
• Kubis Brussels, selada, buncis, kacang polong, wortel, apel, aprikot, pisang, raspberry, jeruk besar, hazelnut, almond, gandum, beras, jagung manis, kuning telur, hati, kentang, jamur pengembang bir
Catatan : vitamin B1 cepat hilang dari tubuh Anda sehingga harus diganti setiap hari.
Vitamin B2 (Riboflavin)
Fungsi :
• Merupakan unsur dasar untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku
• Melindungi kelenjar-kelenjar adrenalin dari kerusakan yang disebabkan stres
• Melindungi sistem kekebalan tubuh
• Untuk perawatan sel, terutama dalam proses penyembuhan luka
• Untuk metabolisme tenaga
Ditemukan pada :
• Selada, seledri, bayam, daun jelatang, buncis, kacang polong, kembang kol, aprikot, buah persik, buah prem, buah pir, almond, walnut, gandum hitam (Barley), beras, susu, telur (terutama kuning telur), ikan, hati, ginjal
Vitamin B3 (Niasin)
Fungsi :
• Meningkatkan sistem peredaran darah
• Sangat penting untuk metabolisme otak
• Melindungi sistem kekebalan tubuh
• Berperan dalam kebanyakan proses yang terjadi dalam tubuh
• Terdapat dalam setiap sel tubuh Anda yang jumlahnya 60 triliun
Ditemukan pada :
• Kacang-kacangan, kacang kedelai, jamur pengembang bir, sereal wholegrain, ikan, unggas, hati, ginjal
Vitamin B5 (Asam Pantotenik)
Fungsi :
• Mengurangi kadar racun dalam obat-obatan
• Menambah kemampuan tubuh menanggung stres
• Melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radiasi
• Melindungi sistem kekebalan tubuh
• Untuk metabolisme tenaga
• Sangat penting untuk pembentukan asetilkolin, zat yang dibutuhkan supaya ingatan berfungsi semestinya
Ditemukan pada :
• Sereal wholegrain, berbagai tumbuhan polong, jamur pengembang bir, telur, unggas, hati ikan, ginjal
Vitamin B6 (Piridoksin)
Fungsi :
• Vital untuk menghasilkan dan menjaga kesehatan DNA dan RNA (gen Anda)
• Membantu pembentukan kolagen dan elastin
• Melindungi sistem kekebalan tubuh
• Sangat penting untuk metabolisme lemak, gula, dan protein
Ditemukan pada :
• Kacang-kacangan, kacang polong, kentang, selada, tomat, gandum wholegrain, beras merah, jamur pengembang bir, biji bunga matahari, hazelnut, kacang tanah, pisang, susu, kuning telur, ikan, daging tanpa lemak, hati
Vitamin B12 (Sianokobalamin)
Fungsi :
• Membantu menjaga usus tetap sehat sehingga meningkatkan kerja pencernaan
• Mensistesiskan asam nukleat
• Menjaga sistem kekebalan tubuh
• Penting dalam metabolisme asam lemak dan protein
• Merupakan unsur hakiki untuk memproduksi sel-sel darah merah
Ditemukan pada :
• Kebanyakan sayur-sayuran mentah, gandum wholegrain, jamur pengembang roti, biji gandum, susu, keju, tiram, kerang, ikan sardin, ikan herring, ikan salmon, hati, ginjal
Vitamin C (Asam Askorbat)
Fungsi :
• Pembantu utama dalam pembentukan urat-urat yang tugasnya membantu kaitan-kaitan, gigi, dan tulang
• Memperkuat dinding saluran darah
• Membantu mempercepat proses penyembuhan luka
• Sebagai antioksidan alamiah
• Mencegah penyakit demam, penyakit hati koroner, engsel-engsel yang bengkak dan terasa sakit, sambil melawan efek racun obat-obatan
• Melindungi sistem kekebalan tubuh
• Terlibat secara luas dalam hampir semua fungsi tubuh
Ditemukan pada :
• Brussels sprout, merica, curly kale, brokoli, sayuran mentah lain yang berwarna hijau, tomat, walnut segar, stroberi, jeruk, lemon, jeruk besar, rosehip, kentang, bawang merah, salad dandelion
Catatan : vitamin C larut dalam air dan mudah sekali hilang dari tubuh. Harus diganti setiap hari untuk mencapai kesehatan yang optimal
Vitamin D
Fungsi :
• Sangat penting untuk proses absorpsi kalsium sehingga sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang-tulang yang sehat
• Mengatur metabolisme kalsium dan fosfat
• Menjadi pengirim sinyal-sinyal dan penata keteraturan
Ditemukan pada :
• Sinar matahari, sebagaian besar sayuran berwarna hijau, biji sereal, ragi, susu, mentega, kuning telur, minyak hati ikan, ikan tuna, ikan salmon
Vitamin E (Tokoferol)
Fungsi :
• Menjadi kekuatan utama dalam perkembangan fungsi-fungsi reproduksi yang sehat
• Sangat penting untuk perlindungan terhadap ibu dan anak selama kehamilan
• Sebagai antioksidan alamiah yang merangsang metabolisme sel-sel kulit
• Melindungi sistem kekebalan tubuh
• Penting sehingga prokreasi berfungsi normal
• Memainkan berbagai peran dalam tubuh
Ditemukan pada :
• Sebagaian besar sayuran berdaun hijau, minyak nabati, minyak biji gandum, minyak kedelai, kacang tanah, semua jenis gandum sereal
Vitamin F (Asam Lemak Esensial)
Fungsi :
• Vital untuk sistem peredaran darah karena membantu mengurangi kolesterol yang terlalu banyak
• Mencegah penyakit jantung dan arteriosklerosis
Ditemukan pada :
• Sebagian besar gandum dan biji-bijian, terutama biji rami
Vitamin H (Biotin)
Fungsi :
• Membantu sistesis asam lemak dan glukosa
• Membantu merawat kesehatan kulit
• Melindungi sistem kekebalan tubuh
• Sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan lemak
Ditemukan pada :
• Ragi, hati, kuning telur, kacang kedelai, beras merah
Vitamin K
Fungsi :
• Sangat penting dalam proses pembekuan darah sehingga menjadi faktor utama dalam pertahanan melawan luka pada sistem peredaran darah
• Penting dalam fungsi hati
• Menyediakan energi ekstra untuk sel-sel tubuh
Ditemukan pada :
• Sayuran hijau dengan daun keriting, kubis hijau, bayam, daun jelatang, yoghurt, susu, telur, minyak hati ikan
http://blog.its.ac.id/dyah03tc/2008/03/29/vitamin-vitamin/

Advertisements
This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Manfaat Vitamin

  1. tluko says:

    lumayan untuk pemula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s