Mengenal Android

Apa Itu Hp Android ?

Apa itu Hp Android? Atau Apa itu Handphone Android? Pertanyaan ini sering muncul akhir-akhir ini setelah istilah ANDROID atau GOOGLE ANDROID ngetren di dunia Hp di Indonesia. Orang lebih mengenal Android dengan logo Robot Hijau. Untuk lebih jauh mengenal HP Android kita minta bantuan Wikipedia, karena definisinyanya sudah bisa menjelaskan kita.

Apa Itu Android

Menurut Wikipedia Indonesia, Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler (hp / Handphone) yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.

Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Jadi Hp Android adalah hp atau handphone yang sistem operasionalnya menggunakan Android. Contoh hp Android adalah Google Nexus One, Huwawei U8230, HTC Hero, HTC Legend, HTC Magic, HTC Desire, Imobile iE6010, LG GW620, Motorola Milestone, Samsung Galaxy Spica, Sony Ericsson Xperia, Huawei Aviator.

Kelebihan Hp Android

  1. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya, memodifikasi bahkan menyempurnakannya.
  2. Lisensinya lebih murah, tidak semahal, O.S. Blackberry,  maupun Iphone atau PDA yang menggunakan OS Windows Mobile.
  3. Stabil dan aman, tidak mudah hang atau bahkan terkena virus.
  4. Karena merupakan aplikasi gratis dari Google, maka Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.
  5. Lebih simpel dan mudah pengoperasiannya atau tidak ribet.

Kekurangan Hp Android

Hp yang menggunakan Android ternyata juga mempunyai kekurangan, berikut kekurannya:

  1. Harga hp Android masih mahal, (mungkin karena lagi ngetrend). Kemungkinan setelah banyak hp yang menggunakan Android, hp Android lama-lama jadi murah.
  2. Hp yang menggunakan Android aplikasinya terbatas, belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android. (mungkin karena masih baru juga).
  3. Karena terbiasa menggunakan handphone yang menggunakan O.S. Symnian dan Windows Mobile, mungkin Anda akan sedikit bingung memakainya.

Mengenal 6 Versi OS Android

On Monday, August 2nd, 2010 under Android

Mengenal 6 Versi OS Android – Apa itu hp Android? Yang belum tahu apa itu Hp android baca di apa itu Hp android. Sistem operasi Android mempunyai beberapa versi, ada 6 versi Os Android yang perlu kita ketahui kalau Anda ingin membeli hp Android. Techgue akan mencoba memperkenalkan 6 versi Android tersebut beserta logonya:

6 Versi OS Android, yaitu:

  1. Android Versi 1.1a. Dirilis pada tanggal 9 Februari 2009.

    b. User interface

    c. Aplikasi standart alarm, olah pesan.

  2. Android v1.5 (Cupcake)Merupakan pengembangan dari versi 1.1, interface Android lebih dipercantik dan penambahan efek-efek animasi. Inovasi lebih ke segi multimedia.

    a. Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009

    b. Mampu merekam dan memutar video

    c. Dapat mengunggah foto ke Picasa dan video ke Youtube (Picasa dan Youtube merupakan “produk” Google)

    d. Dilengkapi soft keypad dengan fitur autocomplete

    e. Mendukung penggunaan Bluetooth A2DP

    f. Ada widget baru dan mengikuti pola pada desktop

    g. Terdapat tambahan pilihan copas pada internet berbasis web page

  3. Android v1.6 (Donut)Pada Android v 1.6 banyak terobosan baru di sistem jaringan dan konektivitas.

    a. Dirilis pada 15 September 2009

    b. Pengintegrasian antara kamera, kamera video, dan galeri foto

    c. Penambahan fungsi seleksi multi untuk foto pada fitur galeri

    d. Peningkatan fitur voice search dan pengembangan voice dial

    e. Pengembangan fitur pencarian untuk bookmark, kontak dan halaman web plus kecepatan pencarian

    f. Peningkatan teknologi jaringan CDMG (EVDO), Wifi, gesture dan mesin text to speech

    g. Mendukung layar dengan resolusi WVGA

    h. Pengayaan aplikasi Android Market

  4. Android v2.0/2.1 (Éclair)Bersi ini banyak mengalami pembaruan dari segi optimasi hardware dan juga segi perangkat lunaknya.

    a. Dirilis pada 3 Desember 2009

    b. Penggunaan browser baru dan mendukung HTML5

    c. Google Maps 3.1.2

    d. Microsoft Exchange

    e. Kamera dengan flash dan zoom digital

    f. Pengembangan MotionEvent dari tracking multi-touch untuk event

    g. Keyboard virtual

    h. Bluetooth v2.1

    i. Kecepatan hardware dioptimalkan

    j. Rasio B/W pada background lebih tinggi dan mendukung image beresolusi tinggi

  5. Android Versi 2.2 (FROYO)Android Versi 2.2 (FROYO) merupakan versi penyempurnaan dari Android Versi 2.0 Éclair.

    a. Dirilis pada 20 Mei 2010, perbaikan 20 Juni 2010

    b. Kinerja hardware lebih cepat.

    c. Bisa instalasi aplikasi ke memori eksternal.

    d. Dukungan Adobe Flash 10.1

    e. Fitur WiFi bisa dibuat hospot.

    f. Fungsi update otomatis di Android Market sudah ada.

  6. Android Versi 3.0 (GINGERBREAD)Versi android ini belum dirilis, diperkirakan pada bulan Oktober 2010.

    a. adanya penambahan toko musik online di Market.

    b. Perubahan user interface.

    c. mendukung tingkat resolusi yang lebih besar.

    d. Peningkatan fungsi Copy-Paste.

    e. Tidak semua hp bisa diupgrade ke versi 3.0 ini, Spesifikasi minimum agar bisa diupgrade ke versi gingerbread adalah: Kapasitas CPU 1 GHZ, RAM 512 MB, diagonal layar minimal 3,5 inchi.

Setelah Anda Mengenal apa itu hp Android dan sekarang 6 Versi OS Android akhirnya Anda bisa membedakan antara versi Android yang satu dengan yang lain. Mengenal versi Android sangat penting terutama bagi Anda yang ingin membeli hp Android. Semoga bermanfaat.

Tips Membeli Hp Android

Techgue.com – Tips Memilih, Membeli Hp Android – Kalau sebelumnya Anda sudah mengenal Apa itu Hp Android atau Pengertian Hp Android juga Jenis Hp Android atau 6 Versi OS Android, sekarang Techgue akan mencoba membagikan cara atau Tips memilih atau Membeli Hp Android.

Memilih sebelum membeli hp Android ternyata tidak mudah. Terlebih lagi sekarang banyak sekali hp Android, mulai dari harga yang murah sampai yang mahal. Karena OS Android merupakan Open Source, vendor-vendor lokal pun juga mengeluarkan Hp android sebut saja seperti Tiphone, Imo, Huawei, Nexian dll. Vendor-vendor yang bermerek pun juga mengeluarkan hp android seperti Samsung, Sony Ericsson, Motorola, LG, HTC.

Techgue akan mencoba membagi tips terutama kepada para pemula yang coba akan membeli hp android. Sebelum lebih jauh mengetahui Tips memilih, membeli hp android, bagi yang belum mengetahui pengertian Android atau hp android baca Apa itu Hp Android, untuk mengenal tipe-tipe hp Andrpod, atau Versi OS Anrdoid silakan baca di Mengenal 6 Versi OS Abdroid an juga.

6 Tips Memilih, Membeli Hp Android

Setelah Anda mengenal Apa itu Hp Android dan juga Versi Os Android, berikut beberapa tips Memilih Hp Android:

1. Cari Hp Android yang Punya Customer Servicenya dan Juga Garansi.

Ini merupakan point pertama yang perlu kita perhatikan saat memilih baik untuk hp android yang murah maupun yang mahal. Pilihlah Hp Android yang memiliki Customer Servicenya, bagus lagi kalau memiliki garansi resmi, ini untuk menjaga kalau misalnya nanti ada masalah atau kerusakan dengan Hp Android Anda.

2. Perhatikan Spesifikasi atau Vitur Hp Android dan Harga.

Spesifikasi dan vitur juga sangat penting untuk diperhatikan sehingga kita bisa memilih hp android yang sesuai dengan kebutuhan dan juga pas dengan dana kita, misalnya fitur-fitur yang seringkali Anda gunakan seperti akses 3G, Wi-Fi, kamera, radio, dan sejumlah fitur multimedia lain. Tidak semua hp Android yang spesifikasinya lumayan itu harganya mahal, ada juga hp android yang termasuk dalam harga murah tapi spesifikasi sudah lumayan tangguh.

3. Pilih Versi OS Android yang Terbaru

Pilih Hp Android yang mempunyai Os Anroid Versi terbaru. Apabila ternyata dana Anda terbatas dan terpaksanya baru bisa membeli Hp Android yang versinya masih Android 1.1, pilihlah Hp Android yang memungkinkan untuk bisa diupgrade. Versi terbaru akan memberikan kinerja yang lebih bagus, silalkan baca lagi di Mengenal 6 Versi OS Abdroid. Di artikel tersebut juga sudah dijelaskan.

4. Perhatikan Apakah Hp Android yang Anda pilih Termasuk GMS atau ODM

Dari informasi yang Techgue dapat, ternyata Googlr mendistibusikan Android melalui dua skema yaitu Model Google Mobile Service (GMS) dan Open Handset Distribution (ODM). Hp yang menggunakan sistem GMS akan mendapat fasilitas penuh termasuk layanan dari Google dan Android Market, sedangkan yang ODM tidak mendapatkan hak itu, tidak ada Gmail ataupun pasar online Android Market. (sumber: Tabloid Sinyal Edisi 96 Tahun 2010).

5. Perhatikan RAM dan CPU (Central Processing Unit)

Sama halnya dengan komputer PC maupaun Laptop, besar kecilnya RAM dan CPU (Central Processing Unit) yang dimiliki sebuah Hp Android sangat berpengaruh terhadap kinerja. Semakin besar RAM-nya dan juga kapasitas CPU semakin baik pula kinerja Hp Android itu.

6. Perhatikan Tipe Layar Hp Android

Sebagian besar Hp Android menggunakan Layar sentuh, meskipun ada pula yang menggunakan keypap qwerty. Semakin besar layar Hp Android akan semakin memudahkan kita saat browsing di internet karena layar lebih lega, mudah dalam pengetikan. Selain layar lebar, yang perlu diperhatikan adalah jenis layar sentuh, karena ada 3 jebis layar sentuh, yaitu: Jenis Resisitif, Kapasitif dan Amoled:

Layar Resisitif: kurang sensitif menerima respon kulit jari, namun dapat bekerja dengan sempurna dengan stylus.

Layar Kapasitif: kebalikan dari Resisitif, bekerja lebih baik ketika menerima sentuhan jari namun kurang bagus kalau menggunakan Stylus.

Layar Amoled: Bekerja lebih sempurna dari pada keduanya dan baterai akan lebih awet.

Dari http://techgue.com

Advertisements
This entry was posted in HP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s