Disarankan bagi yang mau kenalan…

Bersama Linux Ubuntu

  1. Linux

    Katanya linux susah, tidak menarik, tampilannya jelek, mainannya para advance dan para hacker. Gimana ente sudah coba belum? Padahal ubuntu user interfacenya friendly lo!

  2. Tak kenal maka tak sayang, maka tak cinta, maka tak memiliki…

    Linux : adalah kernel (inti sistem operasi) yang dibuat oleh Linus Benedict Torvalds, lahir di Helsinki, Finlandia Eropa Utara 26 Desember 1969. Umur 10 tahun suka komputer dan menjadi asisten kakeknya Profesor statistik di Universitas Helsinki.

  3. Linus belajar :

    • Program dasar pemprograman milik kakeknya.

    • Kuliah di Universitas Helsinki jurusan komputer.

    • UNIX & pemprograman C

    • Sistem operasi MINIX (akronim Minimal uNIX) dibuat oleh Andrew Tanenbaum (AT), dia (AT) tidak mau MINIX menjadi rumit makanya penambahan fitur & fungsi dijauhi.

    • Karena kebijakan source code MINIX “lihat boleh obok-obok jangan” Linus membuat sistem operasi serupa MINIX tapi tidak memiliki keterbatasan fitur atau hak penggandaan. Ambisius Linus ditambah kejeniusannya melahirkan inti sistem operasi (kernel) bernama Linux (akronim dari Linus’ MINIX)

    • Linus kirim e-mail kerjasama dengan komunitas. Mendapat respon dari para programmer-programmer yang hebat & saling membantu mengembangkan kernel sampai siap digunakan.

  4. Maskot / Logo Linux / Trademark

    Linus pergi berlibur ke daerah selatan, tanpa sengaja penguin kecil menggigit jari Linus sehingga demam berhari-hari. Lalu terinspirasi dengan kejadian ini, untuk menjadikan pinguin sebagai maskot dari sistem operasinya dengan harapan “demam” Linux menyebar di kalangan para penguna komputer. Tapi kenapa pinguin dinamakan TUX, ini akronim dari Trovalds’ UniX.

  5. Linux – Ubuntu apa bedanya?

    Tempe, tahu, kecap, susu kedelai, tauco, yoghurt, miso dan lain-lain ini semua adalah contoh dari bahan dasarnya kedelai.

    Ubuntu, Opensuse, Fedora, Debian, Mandriva, Linux Mint, PclinuxOS, Slackware, Gentoo Linux dll adalah distro-distro (distribusi) atau varian-varian dari kernel Linux.

    Untuk menjadi tempe, kedelai harus diolah dulu, ditambah ragi, dibungkus daun pisang / plastik barulah menjadi tempe. Tempe juga ada varian-varian seperti tempe mendoan, tempe penyet, sate tempe, semur tempe, tempe bacem, sabal tumpang, teker (tempe kering).

    Demikian juga dengan Ubuntu (diumpamakan tempe), Linux (diumpamakan kedelai) tidak bisa langsung menjadi tempe afwan maksud ana Ubuntu dengan sertamerta akan tetapi harus ada proses pembuatan terlebih dahulu barulah jadi yang namanya operasi sisterm Ubuntu, adapun Proses penyajian, tata cara pengoperasian, penambahan-penambahan program dll yang membuat berbeda satu dengan yang lain. Sebagai mana contoh varian-varian Ubuntu seperti Sabily (dulu UbuntuME [Muslim Edition]) , Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, CruchBang, Linux Mint, Super Ubuntu, Ubuntu Ultimate, nUbuntu, OpenGEU, UbuntuCE, Ubuntu Satanic, Edition Ubuntu Studio, BlankOn, Dewalinux, Gobuntu, Ubuntu Mobile, dll.

    Lalu kalau gitu semua distro-distro & varian-varian Linux sama saja dong? Kan sama-sama Linux…

    Nah sekarang apakah tempe dengan susu kedelai rasanya sama, dan sambal tumpang dengan tauco atau teker sama?

  6. Distro Linux

    Distro-distro dan varian-varian linux yang telah disebutkan di atas adalah beberapa contoh dari sekian banyak yang sudah muncul jika ingin melihat lebih jelas dan lebih dekat silahkan buka http://distrowatch.com/ di sana sudah ada 100 dari keturunan Linux, dan urutan yang paling teratas adalah yang saat ini banyak penggunanya.

  7. Linux GUI

    GUI adalah Graphic User Interface. Dengan adanya sistem ini, kita dapat melakukan kontrol & operasi pada komputer karena semuanya dilakukan secara visual. Sebaliknya jika tidak ada GUI kita tidak dapat melihat sistem jendela (window), toolbar, taskbar, menu, icon, desktop, wallpaper, screensaver dan folder, jadi kita tidak memiliki tampilan desktop pada sistem operasi di komputer. Dalam hal ini Microsoft windows menggunakan system GUI.

    CLI adalah Command Line Interface. Jika komputer tidak menggunakan GUI maka cara menggunakannya dengan cara mengetik segala sesuatu yang akan kita lakukan, sampaipun akan mengcopy file harus dengan cara mengetik terlebih dahulu. Tampilan CLI seperti MS-DOS, adanya hanya warna hitam dan tulisan warna putih ini defaultnya.

    GUI ada 3 istilah yang tidak lepas darinya : 1. X windows system, 2. Window Manager, dan 3. Desktop Environment

      1. X windows system

        Sistem operasi Linux murni menggunakan CLI yang berbasis text. Aslinya tampilan Linux mirip Unix atau MS-DOS. Semua pengoperasian Linux sebenarnya dilakukan melalui baris perintah tanpa ada bantuan dari GUI sedikitpun. Agar Linux dapat digunakan oleh semua kalangan perlu mengadopsi sistem GUI, sehingga GUI bisa berjalan diatas CLI. Nah itulah yang dikenal dengan sebutan X window system atau X windows.

        Dengan X kita bisa menginstal aplikasi berbasis grafis (GUI)pada Linux yang aslinya CLI. X bertanggung jawab yang berhubungan dengan hardware. Seperti mouse, keyboard, monitor dll. Contoh pengaturan pada monitor adalah refresh rate, resolusi layar.

        GUI sebenarnya tidak tahu menahu masalah hardware akan tetapi X lah yang menterjemahkan dan menjembatani sehingga dapat ditampilkan oleh hardware.

        Akan tetapi X tidak ikut campur tangan dalam melakukan kontrol/kendali jendela (windows) dari aplikasi-aplikasi berbasis grafis (GUI) tersebut. Tugasnya hanya memfasilitasi agar aplikasi GUI dapat ditampilkan.

      2. Window Manager (WM)

        Karena X tidak mau bertanggung jawab terhadap kontrol jendela (window) dari aplikasi-aplikasi berbasis grafis maka dibutuhkan Windows Manager sebagai penanggung jawab.

        Sebenarnya window manager adalah aplikasi atau program GUI itu sendiri, atau tepatnya salah satu dari aplikasi-aplikasi yang berbasis grafis. WM ini banyak jenisnya ada yang berbayar tapi banyak juga yang gratis. Adapun tugasnya adalah mengatur jendela (window) dari program-program berbasis GUI lainnya. Walaupun demikian, windows manager tetap membutuhkan X Windows System untuk dapat bekerja. Namun tugas WM utamanya adalah mengatur kerja desktop, yang meliputi aksi, interaksi dan tampilan dari jendela-jendela tersebut. Dan WM juga yang meng-handle dekorasi dan pernah-pernik apa saja yang akan digunakan pada tampilan jendela-jendela program seperti tombol minimize, mazimize, info bar dll. Dan yang tidak kalah pentingnya juga salah satu tugas WM multiple screen yaitu suatu fitur yang memungkinkan kita memiliki banyak desktop sekaligus, sehingga bisa pindah dari satu desktop ke desktop yang lain dengan mudah dan cepat. default ubuntu dari WM adalah Fluxbox, metecity, compiz, compiz fussion. Sementara compiz adalah WM yang terkenal dan memiliki banyak sekali efek-efek yang memukau, sehingga kita betah berlama-lama di depan komputer.

      1. Desktop Environment (DE)

        Berperan untuk mengontrol desktop secara utuh. DE menyediakan fitur-fitur yang akan memudahkan kita untuk melakukan pengelolaan desktop seperti taskbar, menu, menu tambahan, icon, screensaver, file manager, fungsi pencarian (search tool), text editor, tool-tool utilitas, grafik editor dll.

        Sebagaimana WM, DE juga terdiri dari berbagai macam jenis, namun yang paling pupuler diantaranya GNOME dan KDE.

  1. GNOME & KDE

    GNOME adalah GNU Object Model Environment, merupakan DE resmi yang digunakan oleh Ubuntu. Adapun KDE adalah K Desktop Environment.

    Sistem operasi Microsoft Windows ataupun MacOS-X memiliki DE nya sendiri dan relatif tidak dapat diubah-ubah, beda dengan Linux (DE beda dengan themes ya…). Pada Linux kita bisa menggonta-ganti DE sesuai dengan keinginan dan selera kita. Selain GNOME dan KDE masih ada DE yang lain seperti XFCE, EDE, CDE Xfast dll. Salah satu perbedaan besar antara KDE dan GNOME adalah terletak pada bagaimana kedua DE ini menempatkan WM nya. KDE memiliki WM sendiri sehingga untuk mengganti WM dengan WM lain akan sedikit merepotkan. Berbeda dengan GNOME yang tidak memiliki WM sendiri jadi kita bisa dengan mudah menggonta-ganti WM di GNOME.

  2. Free = open source = freeware = Gratis?

    Free dalam open source diartikan freedom bebas dan bukan gratis. Open source secara harfiyah diartikan kode terbuka. Karen setiap program atau aplikasi terbentuk dari sekumpulan kode-kode pemprograman. Seperti halnya program photoshop bisa mengedit muka seseorang. Nah sebenarnya program photoshop itu dibentuk dari sekumpulan kode-kode pemprograman. Kode-kode itulah yang disebut dengan source.

    Sebuah program akan dikatakan opensource jika program tersebut membuka sourcenya kepada siapapun, agar dapat dipelajari dan diutak-atik, diperbaiki serta dimodifikasi sesuai kebutuhan kemudian didistribusikan secara bebas dan tentu saja legal. Namun jangan disalah fahamkan kalau semua opensource itu gratis ada juga yang berbayar akan tetapi banyak yang gratis. Karena sah-sah saja developer memungut biaya.

    Jadi untuk membedakan program opensource dan closed source adalah bilamana source disediakan pada setiap distribusinya maka program itu opensource bisa gratis bisa juga bayar

    Dan sebaliknya jika tidak menyertakan source codenya atau source codenya di enkripsi/diproteksi maka program itu closed source atau proprietary software, baik itu gratis atau bayar. Namun program closed source yang gratis lebih dikenal dengan nama freeware.

  3. Freeware = free software?

    Kedua kata diatas sekilas sangat mirip akan tetapi maknanya sangatlah berbeda. Kalau free software biasa disingkat freeware walaupun sama-sama gratis. Kata free pada freeware artinya memang gratis, akan tetapi freeware tidak menyertakan source codenya sehingga bisa digunakan tapi tidak bisa diutak-atik. Adapun kata free pada free software memiliki arti keduanya, bebas dan gratis. Kita dihalalkan untuk mengutak-atik program, bebas mendistribusikan program, bebas mendapatkan source codenya dan gratis.

    Berbicara tentang freeware, free software, proprietary, open source, tidak terlepas dari masalah lisensi atau copyright, yang sudah jelas akan membicarakan pula UU hak cipta yang sampai sekarang masih ada yang kebingungan.

  4. Sejarah Ubuntu

    Merupakan istilah yang berasal dari Afrika tepatnya bahasa bantu dari afrika selatan yang + artinya “rasa kemanusiaan untuk sesama”. Filosofi dari Ubuntu ini juga tergambar pada logonya, yang berupa 3 orang bergandengan tangan membentuk sebuah lingkarang, yang dapat diartikan sebagai “share” atau “berbagi” untuk semua.

    Ubuntu pertama kali direlease pada 20 Oktober 2004 dengan code Ubuntu 4.10 bukan dimulai dengan angka satu. Angka pertama dari code Ubuntu menunjukkan tahun dan angka berikutnya menunjukkan bulan. Jika bulan 10 tahun 2011 direlease maka codenya adalah Ubuntu 11.10. Ubuntu setiap tahun me release dua kali yaitu bulan 4 dan bulan 10. walaupun pernah juga bulan 6 pada tahun 2006. ini merupakan salah satu keunikan dari Ubuntu. Ubuntu juga didukung oleh perusahaan yang bernama Canonical.ltd yang dipimpin oleh Mark Shuttleworth. Karena dianggap cukup stabil dan user friendly. Untuk mendapatkan ubuntu bisa dengan cara download di :

    http://www.ubuntu.com/download/ubuntu/download

    kalau Ubuntu ingin di instal di windows silahkan di untuk di :

    http://www.ubuntu.com/download/ubuntu/windows-installer

    untuk menginstall Ubuntu tidak harus menggunakan CD / DVD akan tetapi bisa mengunakan Flashdisk.

  5. Spesifikasi yang dibutuhkan

    – Spesifikasi minimun

    Prosesor 300 MHz, RAM 64 MB, 4 GB HDD, VGA 640×480, CD-ROM/lan card

    – Spesifikasi minimun yang direkomendasikan

    Prosesor 700 MHz, RAM 384 MB, 8 GB HDD, VGA card 1024×768, sound card, CD/DVD /lan card dan jaringan internet.

    – Ingin menikmati visual efek dari Ubuntu…??

    Prosesor 1,2 GHz, RAM 512 MB, 8 GB HDD, VGA yang mendukung, sound card, CD/DVD /lan card dan jaringan internet.

  6. Persamaan aplikasi windows dengan linux

    Microsoft Windows : Linux :

3D Max : Blender

ACDSee : Digikam

ASP : PHP, Java

AutoCAD : QCAD, VariCAD, OCTREE, DIA (Diagram), Alliance

CoolEdit : Audacity

CorelDraw : Inkscape, Xara

DreamWeaver : NVU

Exchange Server : Postfix, Sendmail, Qmail

File/Print Sharing : Samba, NFS, CUPS

IIS Web Server : Apache Web Server

Internet Explorer : Firefox, Konqueror, Google Chromium

Media Center : XboxMediaCenter

Microsoft Access : Open Office Base

MS Office : OpenOffice, KOffice, AbiWord, Gnumeric

MyMoney : GnuCash

Nero : K3b, Brasero

Outlook : Evolution, Thunderbird, KMail

Photoshop : GIMP, ImageMagic,

Publisher/PageMaker/InDesign : Scribus

SPSS : R-base, PSPP

SQL Server : MySQL, PostgreSQL

Video Convert : WinFF

VisualBasic/.Net : Gambas/Mono

WinAmp : XMMS, Rhythmbox, Amarok

Windows Media Player : MPlayer, Totem, Xine, VLC

Windows Movie Maker, A.Premiere : Cinellera,Xshot,KDenlive

WinZip : File Roller, Ark

Yahoo Messenger : Pidgin, Yahoo Messenger unix.Gyachi.

  1. Kelebihan Linux dibanding sistem operasi lain :

      1. Anda tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk membeli CD Windows yang Original.

      2. Anda tidak Perlu takut Untuk di Sweeping atau di Razia Software karena Linux Free.

      3. Anda telah membantu mengurangi Pembajakan Software dan tidak perlu membeli Licensi Key/ Keygen.

      4. Apakah Anda suka internet? The TCP / IP protokol dibangun pada UNIX komputer (Linux) sedangkan Windows hanya embraced TCP / IP sebagai protokol asli dari Windows 2000.

      5. Sobat tidak perlu defragment Linux Selalu untuk selamanya..^_^

      6. Linux lebih aman karena Linux memiliki filosofi menjalankan proses pada tingkat terendah yang diperlukan akses.

      7. lebih dari 80% dari atas 500 supercomputers di dunia menjalankan Linux

      8. Jika anda memerlukan sebuah kantor suite Anda dapat men-download Open Office (Free)

      9. Anda tidak menderita vendor lock-in dengan Linux.

      10. Linux OS dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-bit, 64-bit sistem sedangkan Windows Bajakan yang sering digunakan di Indonesia adalah Windows 32 Bit.

      11. Komunitas linux adalah orang yang berlimpah dengan keinginan untuk saling membantu memecahkan masalah apapun pengalaman serta berbagi tips dan ide untuk kreativitas.

      12. Linux tidak crash tanpa alasan jelas sewaktu di Jalankan.

      13. Linux tidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows.

      14. Pada Sistem Operasi Windows ketika selesai Update Antivirus dan Instal software seringnya meminta untuk Restart/reboot bahkan kadang Restart secara Otomatis (Windows Maksa Bro biar systemnya Update).Tetapi Linux tidak reboot dengan sendirinya (Otomatis)

      15. Linux dapat membaca dengan baik lebih dari seratus berbagai jenis file system.

      16. Sobat memiliki hak untuk mengubah apa-apa saja yang berada di dalam Linux jika memiliki kemampuan dan skill asal masih mencantumkan Varian Linuxnya.

      17. Sobat tidak akan terjebak dengan legacy application dimana vendor maupun providernya telah ditutup dan tak dapat memperbaruinya.

      18. Linux happily akan menginstal sendiri pada partisi hardisk logis. Anda tidak dibatasi untuk partisi utama.

      19. Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer.

      20. Tidak ada 1 Sistem Operasipun yang bisa meng-klaim terbebas dari serangan Virus maupun Trojan termasuk Linux.Tapi setidaknya Linux tetap lebih aman karena Linux merupakan Open source dan masih sedikitnya orang yang mengetahui tentang Scripting pembuatan Virus di Linux..hehe

      21. Pada Linux Anda mendapatkan khusus suite yang berisikan pendidikan dan permainan. Windows versi ini tidak dikembangkan, dan harus membeli Licensi.

      22. Anda tidak perlu untuk mencari Resor vendor atau menggunakan situs Windows Update untuk melakukan sesuatu pekerjaan.

      23. Anda dapat membuat sendiri distro Linux jika Anda inginkan. Bayangkan “MyLinux” untuk diberikan kepada semua teman dan keluarga Anda.

      24. Linux dapat membantu Anda menghapus spam tanpa biaya. Bahkan, Spam Assassin – salah satu yang paling populer open source anti-spam system – adalah dasar dari banyaknya komersial produk anti-spam. Kontras oleh produk seperti Symantec Mail Keamanan adalah sekitar $ 30/mailbox. Layanan seperti MessageLabs juga biaya per surat. (Waw mending buat email Baru deh kalau email Saya di kirim Spam Assassin daipada Bayar!)

      25. Perangkat lunak open source menawarkan versi yang lebih baik dari Microsoft Office SharePoint Server dari Microsoft

      26. Linux adalah sebuah sistem multi-user . Anda dapat memiliki banyak ratusan semua pengguna Linux yang bekerja di salah satu sistem. Sedangkan Windows Terminal Services menawarkan tapi tidak standar, dan ada yang ekstra lisensi per pengguna.

      27. Linux sangat kuat bahasa scripting yang memberikan kekuatan besar untuk sistem administrator.

      28. Proyek honeypot menemukan bahwa sebuah unpatched Linux server dapat lebih bertahan jika terkoneksi dengan Internet.sementara patch Windows’ server akan bangkrut dalam waktu beberapa jam.Bahkan tanpa patch, Linux masih lebih baik daripada Windows.

      29. An out-of-the-box sistem Linux dapat digunakan untuk yang jauh lebih besar dari berbagai kepentingan yang out-of-the-box sistem Windows. Anda akan mail server, web server, database server, dan file-print server, intranet server, remote akses server, VPN server, server FTP – apapun yang Anda inginkan, benar-benar.

      30. Linux tidak membatasi bagaimana konten digunakan pada sistem. Tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer atau menyebabkan konflik dengan hardware atau software. Tinggi kualitas audio visual keluaran tidak artificially direndahkan. Dengan Linux anda dapat memutar mp3 dll, menonton film dan menjalankan perangkat lunak. Sistem operasi tidak akan terganggu dengan adil-hak untuk menggunakan konten Anda sendiri.

      31. Sobat tidak akan menanyakan ke Mama…Ma mengapa RUNDLL32.EXE ?? hehe..^_^

      32. Berapa banyak kertas dan plastik yang digunakan untuk membuat dan mendistribusikan semua kotak set produk Microsoft? Linux adalah bebas didownload dari Internet.

      33. Beberapa vendor perangkat keras seperti ASUS akan mencari embedding Linux di silicon untuk membuat generasi berikutnya komputer mulai lebih cepat. Anda tidak boleh melakukan ini dengan Windows, dan jika tidak mungkin ia akan datang dengan kenaikan harga karena perizinan.

      34. Linux tidak akan mati karena open source dan Free.Tidak seperti Sistem Operasi yang Lain.Maaf Y Vendor yang OS yang telah Tutup BeOS, AmigaOS
        Warning

Maroji’ :

  1. Ringkasan dari buku ubuntu : from zero cetakan kedua by eri bowo http://jasakom.com. Dan sedikit tambahan dari peringkas tanpa merubah maksud.

  2. http://palinukan.org/tulisan/persamaan-aplikasi-windows-dengan-linux.html

  3. http://devit1104.blogspot.com/2009/03/37-kelebihan-dan-manfaat-linux.html

  4. Peringkas by abu yahya. Tulisan ini bisa di lihat di https://amyzin.wordpress.com/

Advertisements
This entry was posted in Linux. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s